Rabu, 10 Maret 2010

Membangun Sendiri Jaringan Kamera CCTV Murah Meriah

cctvPernah ngalamin kemalingan?

Ato pgn memantau kondisi rumah via internet?

Ya, gunakan Kamera CCTV. Tapi masalahnya harganya 1 paket berjut jut. Apakah emng instalasi CCTV harus mahal? SALAH BESAR, dengan memanfaatkan PC dan webcam kita bisa membangun sendiri jaringan CCTV di rumah, kosan, ato kantor sekalipun.

Caranya ternyata sangat simple dan dapat dilakukan dengan barang2 yang udah familiar di kehidupan kita.

Lebih lanjut, monggo ikutin langkah berikut.

Persiapan

Hal pertama adalah siapkan bahan2nya terlebih dahulu.

1. PC ato laptop, gw saranin PC karena ni PC harus idup 24 jam.

2. Webcam, ato kamera lainnya yg bisa dikonekin ke PC/Laptop.

Lebih gw saranin pilih kamera yg resolusinya gak bagus2 amat, max 1.3MP.

Kenapa? Karena kita bakal ngerekam video melalui kamera ini, makin gede resolusi, makin gede ukuran file yg dibentuk.

Di Percobaan gw, gw pilih merek I-tech seri PC-3808 | Res 1.3MP | Rp 80rb | Koneksi USB

itech pc 3808

Kenapa? karena kamera ini kecil, fiturnya cukup lucu, ada flash nya segala. Not bad lah utk kamera seharga 80rb.

:)

3. Software untuk me-manage webcam di PC.

Disini gw gunakan software free bernama Webcam7.

Software ini bisa digunain utk me-mange 7 kamera sekaligus. Ingin lebih? Upgrade ke versi berbayar.

Fitur yg disuguhin antara lain =

- Capture gambar

- Record video dg tambahan fitur scheduling

- Sebagai server utk streaming video dari webcam yg kita punya.

Software nya udah gw sediain di blog ini. Link ada di akhir artikel.

Instalasi :

Masuk ke tahap selanjutnya.

1. Instalasi webcam di PC

- Install driver webcam di PC

- Koneksikan PC dan Webcam

Prosesnya gampang kq, kayaknya cukup ya, gak perlu dibahas lebih lanjut.

2. Instalasi software Webcam7

- Tinggal download dari link dibawah, trus next2 aja sampai terakhir finish.

- Buka Aplikasi dari Start > Program > Webcam 7 > Webcam 7.exe

- Pilih mode “Free”

- Nongolnya kayak gini

select cam

Klik kanan pada layar yg ditengah > trus pilih PCI/USB > pilih PC Camera-168

Ntar tampilannya bakal kayak gini

(Lakukan hal yang sama untuk kamera2 berikutnya)

control panel

Nah disinilah pusat tata surya nya alias control panel software ini.

Huruf A = adalah utk nambahin keterangan di gambar, semisal Text, Tanggal, Jam, CPU Usage, Memory Usage, dan Brp user yg lagi konek ke kamera ini.

Capture = untuk ngambil gambar, berformat JPEG

Record = untuk ngerekam video, bisa rekam sekaligus streaming ttp jalan lho.

Lainnya utak atik sendiri ya.. Simple kq :)

Lanjut ke Tab berikutnya yaitu Web/Broadcast

broadcast

Disini bakal ditampilin IP berapa aja yang lagi konek ke Webcam kita, yg perlu diperhatiin adalah pastiin Internal Web Server is Running, kl mati tinggal klik enable.

Kl kita mau gambar upload video realtime kita ke webhosting juga dari sini tempatnya.

Langkah Terakhir adalah set agar Aplikasi ini Run Otomatis ketika Windows nyala.

Caranya :

auto start

Pastikan Start With Windows dan Start Minimized dalam kondisi ter-centang.

Selesai. :)

3. Cek Apakah sudah berhasil?

Caranya buka web browser, lalu masuk ke alamat

http://ipaddress:8080

atau

http://computername:8080

Misal gw disini http://10.8.8.201:8080

Kl berhasil, bakal muncul web page kayak gini

webcam7

Nah selesai sudah, kita dah bisa memantau hasil pencitraan seluruh webcam yg kita pasang dari sini.

Di gambar cuma ada 1 gambar karna gw cuma pake 1 kamera waktu pengetesan ini.

4. Integrasikan dengan web (bila perlu)

Dimaksudkan apabila kita mau nampilin video streaming dari webcam tadi di halaman web yang kita punya.

caranya :

Tools > Generate HTML Code.

Next2 in aja, trus muncul kode HTML nya

html code

Tinggal copy seluruh coding HTML ini ke halaman web kamu.

5. Posisikan kamera di tempat yang strategis

Biasanya di pojokan. Kl gw? kira2 kek gini.

kamera cctv

Gw pake buat ngawasin pintu keluar masuk ruangan kantor gw. Ge pake buat streaming dan proses record di jam kerja.

Ilustrasi Penggunaan :

1. SECURITY CAMERA.

Digunakan untuk merekan video dengan memanfaatkan fitur recording with scheduler, jadi kita gak perlu repot2 tiap hari jalanin proses recording, tinggal atur jam nya, software ini akan ngelakuinnya secara otomatis.

Arahkan kamera ke tempat2 keluar masuk rumah seperti pintu dan jendela, misalkan ada kemalingan? tinggal jadiin hasil rekaman sbgi barang bukti

2. PARENTAL CONTROL CAMERA.

Digunakan untuk mengawasi kondisi kantor, para customer atau para pegawainya.

Atau digunakan di rumah untuk mengawasi kegiatan anak2 anda.

3. STREAMING CAMERA.

Digunakan untuk bikin siaran live dari rumah kita sendiri. dan bisa diakses dari mana aja selama mereka terhubung internet. WOW :)

bakal muncul JOPIR-TV on internet nih, hehe..

(jOpiR)

www.kisanak-jopir.co.cc

download icon

Direct Link >> Download WebCam7.exe

-= Don’t forget to leave a comment if you like my post =-


59 Responses for “Membangun Sendiri Jaringan Kamera CCTV Murah Meriah”

  1. didi says:

    Artikel menarik, sangat lengkap dan patut untuk dicoba.
    Trims mas jopir untuk tutorialnya.

    [Reply]

  2. burhan says:

    good tutorial bos…..thank’s
    (ikutan unduh bos)
    mangtabbbs…

    [Reply]

  3. ali says:

    salam kenal mas.saya ucapkan terima kasih banyak atas infonya yang
    sangat berguna.ketika saya mencoba download webcam7, tampil pesan bahwa dinyatakan sebagai situs penyerang.padahal saya sangat memerlukan software webcam7 tersebut.kalau boleh kirim ke email saya software webcam7 tsb.sekali lagi maksih

    [Reply]

    jopir Reply:

    @ali, tenang mas ali, server tempat saya hosting file installer Webcam7 ada di ziddu.com, mmg akhir2 ini diblacklist di mozilla, dibilang “attack site”. Mungkin bisa dicoba download menggunakan browser Internet Explorer.
    Saya jamin server ziddu aman kq, karna sampai saat ini pun saya sering upload file dsana tapi belum pernah terkena virus atau spyware sekalipun.

    trims dukungannya,
    ditunggu kunjungannya di blog saya

    http://www.kisanak-jopir.co.cc

    [Reply]

  4. ali says:

    Trimakasih Mas atas sarannya, sekarang saya sudah berhasil download webcam7.

    [Reply]

  5. febri says:

    keren banget …. tutor nya makasih & izin langsung dwonload….

    [Reply]

  6. a2i3s says:

    Kemarin coba tanya2 biaya untuk pasang CCTV ternyata mahalnya ga ketulungan :D setelah baca artikel ini jadi mikir lagi mau pasang CCTV *beneran* hehehe… informasi yg sangat berguna, thanks ya.

    [Reply]

  7. oneted says:

    thank atas info yg berguna ini….
    skalian mo ijin sedot..

    [Reply]

  8. norman says:

    ok thx banget tutorialnya, artikelnya gampang dimengerti dan murah lagi sangat berguna, ikutan download.

    [Reply]

  9. Bakrie says:

    artikel keren… apalagi bisa ditampilin di website.

    Kebetulan saya juga jualan hosting murah. Cocok banget tuh…

    [Reply]

  10. bocahupil says:

    tutorialnya lengkap banget..saya coba dulu ya..

    [Reply]

  11. jopir says:

    @ all :

    Thx buat semua komen2 nya.. :D
    Sampai saat saya post comment ini tercatat 912 view, jumlah yg menggembirakan untuk saya.
    Suatu kebahagiaan bisa berbagi dengan rekan2 semua.

    jOpiR
    http://www.kisanak-jopir.co.cc

    [Reply]

  12. Ayu says:

    saya dah coba tapi klo jaringan internetnya bukan ip statik melainkan ip dinamik gimana ?
    maksih infonya

    [Reply]

    jopir Reply:

    @Ayu, kl ip dinamis brrti tiap dapet IP baru harus lgsg disesuaikan mbak, atau kl gak mau repot mgkn bisa coba berlangganan internet ke ISP yg menyediakan IP Statis.
    Atau dipasang di server yg run 24/7 biar IP nya seakan2 statis.

    Semoga bisa membantu.

    [Reply]

  13. erik says:

    makasih ilmunya.. :)
    sudah di coba dan berhasil..
    salam kenal dari Tarakan

    [Reply]

  14. candra says:

    mas, wah sagat menarik topiknya.. mas kalau pantau via hanphone gt ada software tambahannya lagi gak mas?

    [Reply]

    jopir Reply:

    @candra, kl via handphone brrti ada 2 jalur koneksi,
    1. Internet via GPRS atau WiFi
    2. LAN via WiFi

    yg jadi masalah adalah apakah internet browser di handphone nya support untuk menampilkan page webcam viewer (Point 3)
    Sebetulnya saya juga belum pernah coba, jika anda berkenan mgkn bisa dicoba dengan beberapa internet browser yg lazim digunakan di handphone seperti IE (windows mobile) dan opera (bukan opera mini), saya pikir keduanya mampu.

    [Reply]

  15. Ifan says:

    wah… informasi yg bagus. saya br tau malah. saya izin copas (copy-paste) ke web saya ya. boleh kan. saya bantu sebarkan. nanti nama web anda saya cantumin kok nanti nya sbg sumber. thanks bgt info nya.

    [Reply]

  16. jopir says:

    Ok. gak masalah mas, selagi alamat blog saya juga dicantumkan.
    Trims kesediaannya untuk berbagi :D

    [Reply]

  17. abe says:

    malam mas…saya tertarik mencoba tips cctv murah meriah diatas..tapi sayangnya driver webcam Webcam Itech PC 3808 saya hilang…boleh tau info donlot driver tersebut dimana…atau kalo mas bersedia mengirimkan file driver tsb via emai…
    terimakasih sebelumnya…saya harapkan bantuan dr mas…
    salam dr Jogja

    [Reply]

    jopir Reply:

    @abe, Sori baru respon. Alamat emailnya?

    [Reply]

    abe Reply:

    @jopir, alamat email saya abbramwisnuputra@yahoo.com
    terimakasih sekali atas kesediaan mas membantu saya..

    [Reply]

    dendy ismail Reply:

    @jopir, saya jg minta driver nya .
    kirim k emailku di xdendyx@yahoo.com

    [Reply]

    hilda Reply:

    @jopir, mas saya minta juga dong driver nya kirim ke emailku hildacuter@yahoo.co.id

    [Reply]

  18. agustinus says:

    Mas mau tanya donk, cameranya beli dimana ya. tertarik bgt nih

    [Reply]

    jopir Reply:

    @agustinus, kl kamera yg saya pakai belinya di salah satu toko komputer di Bekasi Cyber Park.
    Kl agak sulit dicari silahkan gunakan kamera webcam merk atau jenis lain.

    [Reply]

  19. baba says:

    Mas tanya donk, saya coba record, tapi kenapa ya filenya besar banget, saya coba 17 detik sampai 90MB saya coba compress malah ga nongol gambarnya.
    sebelumnya terimakasih mas Jopir

    salam

    [Reply]

    jopir Reply:

    @baba, ukuran file tergantung resolusi kamera plus jumlah frame per second yg di record, silahkan disesuaikan melalui software bawaan kamera nya (driver), kl Webcam7 hanya mengikuti input dari kamera aja.

    [Reply]

  20. Iwan says:

    bbrp hr yg lalu mobil dicongkel orang sy menaruh mobil menyewa garasi org (jarak 150 meter dr rumah) bisa nggak masang kamera didalam mobil bagaimana caranya terima kasih kang

    [Reply]

    jopir Reply:

    @Iwan, bisa mas, tapi yg jelas kamera nya gak bisa hanya sekedar webcam, harus pakai kamera yg standalone (include memory card di body kamera). Pastinya gak jadi murah meriah lagi.

    [Reply]

    iwan Reply:

    @jopir, Kalau memang bisa kang Jopir soal biaya bisa dibicarakan kemudian bisa dikirimkan spesifikasi dan data lainnya jg kalau bisa data biayanya tks

    [Reply]

  21. nanagazawa says:

    doozoyoroshiku,,,,MR.
    doumoarigatou all about tutorial….

    [Reply]

  22. dendy ismail says:

    bisa tolong kirim driver k email saya .
    mksih bnyak .

    [Reply]

  23. dendy ismail says:

    minta tolong kirim driver nya .
    punya saya driver nya ke hapus .
    mksh bnyak

    [Reply]

    jopir Reply:

    @dendy ismail, alamat emailnya mas?

    [Reply]

    Dendy ismail Reply:

    @jopir, alamat emailnya xdendyx@yahoo.Com .
    Klo udh d kirim ksh tau y .
    Skali lagi mksh bnyak .

    [Reply]

    Dendy ismail Reply:

    @jopir, sudah dikirim belum , mas .

    [Reply]

    Dendy ismail Reply:

    @Dendy ismail, CEPET DIKIRIM YA .
    PINGIN CEPET2 MAKE USBCAM NYA NIH .
    HEHE

    [Reply]

    jopir Reply:

    @Dendy ismail, duh sori bgt nih mas, saya masih kesulitan upload file nya, koneksi selalu putus ditengah jalan.

    Dendy ismail Reply:

    @jopir, gimana kalo upload aja ke rapidshare.com .
    Ntar kasih tau link nya k saya .
    Hhe .
    Mksh .

  24. komaruddin says:

    Sangat…sangar berguna, tks banget…bravo…good…

    [Reply]

  25. Michael says:

    mas mau nanya kalo webcam ini saya pasang apa akan meneyedot badwith LAN itu ?

    [Reply]

    jopir Reply:

    @Michael, Bandwidth LAN skg kan udah 1Gbps, untuk aplikasi ini masih itungan sekian kbps, harusnya sama sekali gak berpengaruh.

    Sudah saya coba user online sekitar 15user, gak ada pengaruh di bandwidth PC servernya sekalipun.

    [Reply]

  26. wow…luar biasa. sederhana tapi berguna!

    [Reply]

  27. wONG aLIT says:

    Thanks ya, mantap Gan, good posting

    [Reply]

  28. nanda says:

    bagusssssss….. bgt , kbetulan lagi nyari2 buat drumah….. patut dcoba…..

    [Reply]

  29. nove says:

    Mas kalo buat halaman depan rumah pas malem kalo gelap gimana ya? Bisa pake kamera cctv beneran gak ya?

    [Reply]

    jopir Reply:

    @nove, Kl buat tempat gelap, mau gak mau pake kamera cctv beneran [gak bisa pk webcam], lebih baik kamera InfraRed. Secara software gak ada masalah, software webcam7 masih bisa digunakan.

    [Reply]

  30. Paijo says:

    Info sgt berguna skali… Saya minta tolong di kirim donk sofwere webcam7 ama sofwere kamera ke email saya… Sebelumnya makasi
    paiom@yahoo.com

    [Reply]

    jopir Reply:

    @Paijo, Software Webcam7 bisa di dongdot sendiri dari link yg saya cantumkan di artikel. Trims

    [Reply]

  31. David Usman says:

    ini yg saya cari untuk buat cctv di warnet-warnet, thank infonya …

    [Reply]

  32. yo2x says:

    mas tak coba bisa, tp kl lbh dr 1 camera harus bayar gimana caranya ya ??

    [Reply]

    jopir Reply:

    @yo2x, silahkan registrasi
    username : http://www.kisanak-jopir.co.cc
    key : WXP-691109-91111

    [Reply]

  33. jopir says:

    waduh ada autocomplete link.
    username nya tanpa http://
    cukup mulai dari http://www...

    [Reply]

  34. Mukhtaruddin says:

    Keren eungm tipsnya..kapan-kapan dicoba ahh,, soalnya belum punya webcamnya .. :D

    [Reply]

  35. wah, aq mau coba nih di rumahku pake camera, thanks tipsnya

    [Reply]

  36. SI OTONG says:

    BOS—AKU UDAH COBA N HASIL-NYA BAGUS—TAPI KENDALA MUNCUL SAAT MO DI AKSES ANTAR GEDUNG—DI T4 YANG AKU PASANG (GEDUNG A) PAKE SPEEDY – WIFI, SAAT DI AKSES DI GEDUNG A HASIL-NYA OK N MO NONGOL GAMBAR-NYA, TAPI SAAT MO DIAKSES DARI GEDUNG B KOK GAK BISA YA—PADAHAL UDAH NGIKUT “RULE”NYA = BROWSER—HTTP://COMPUTERNAME:8080, MOHON KASIH PENCERAHAN—APAKAH INI HANYA MENDUKUNG JARINGAN LOKAL = LAN ???TERIMA KASIH SEBELUM-NYA.

    [Reply]

    jopir Reply:

    @SI OTONG, Gedung A dan B gak terhubung via LAN ya? kl gt harus gunakan Tab “Web Broadcast” > Upload (FTP atau HTTP), karena cara akses via HTTP://COMPUTERNAME:8080 hanya untuk LAN, kl udah WAN, otomatis harus diupload di internet. Silahkan dicoba, simple kq.

    [Reply]

Sumber : http://bloggerbekasi.com/2009/11/27/membangun-sendiri-jaringan-kamera-cctv-murah-meriah.html

5 komentar:

  1. thanks kak. Saya sekarang lagi nyusun KP untuk kuliahku, pas lagi cari bahan ternyata ketemu blog ini yang emang satu topik sama yang aku ambil. Jadi sangat bermanfaat. Saya minta izin untuk jadiin ini sebagai salah satu bahan utama dalam KP saya dan sekaligus minta tolong untuk kirimin drivernya ke email aku di ares_alvo@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Pak, kalau pakai apliaksi ini apakah bisa di skejulkan auto replace rekaman kameranya. Thanks.

    BalasHapus
  3. green vision dan naoumi...
    salam kenal...
    Tapi maaf saya ngga bisa jawab pertanyaannya , saya juga sedang belajar.
    Ini juga saya dapat dr copi paste dr sini:
    http://bloggerbekasi.com/2009/11/27/membangun-sendiri-jaringan-kamera-cctv-murah-meriah.html
    Itu sumbernya saya sertakan juga di artikel. hehe
    Nah, coba nanya langsung ke sumbernya ya...

    BalasHapus