Senin, 22 Maret 2010

Cicak kering menjadi bisnis yang menggiurkan







Liputan6.com, Jombang: Siapa sangka cicak mampu mendatangkan penghasilan yang lumayan. Di Jombang, Jawa Timur, seorang pemuda mampu meraup jutaan rupiah dari bisnis cicak kering. Hingga kini permintaan reptil yang konon mampu menyembuhkan sejumlah penyakit ini tidak pernah surut.

Eko Alek, warga Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, menekuni bisnis memasok cicak kering sejak lima tahun silam. Setiap harinya, ribuan ekor cicak dikumpulkan Eko dari para pemasok yang berasal dari desanya atau desa tetangga. Untuk tiap satu kilo cicak basah, Eko membayar Rp 25 ribu.

Cicak-cicak yang telah dibelinya selanjutnya dikeringkan dengan cara dioven selama 24 jam. Setelah kering cicak dikemas untuk dikirim kepada pemesan. Pemasaran cicak kering ini telah merambah ke sejumlah kota seperti Surabaya, Jakarta, dan Palembang bahkan hingga ke luar negeri.

Dalam satu bulan, Eko mampu memasok 60 hingga 100 kilogram cicak kering. Dengan harga Rp 100 ribu per kilo, Eko mampu meraup Rp 10 juta tiap bulannya. Eko mengaku usaha cicak kering ini bermula dari orangtuanya yang menyebutkan reptil ini berkhasiat menyembuhkan berbagi penyakit.(JUM)

sumber :http://berita.liputan6***.com/ekbis/200911/252887/Cicak.Kering.Tawarkan.Bisnis.Jutaan.Rupiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar